Sehubungan dengan surat Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat Nomor: 4513/E3.4/LL/2017 tanggal 13 Nopember 2017 tentang Surat Pernyataan Tanggung Jawab Belanja (SPTB) dan merujuk pada Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor 15/PB/2017 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pembayaran Anggaran Penelitian Berbasis Standar Biaya Keluaran Sub Keluaran Penelitian, kami sampaikan kepada Bapak/Ibu Dosen penerima pendanaan penelitian dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti diwajibkan membuat dan menyampaikan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Belanja (SPTB) atas anggaran penelitian yang telah ditetapkan. Pembuatan dan penyampaian Surat Pernyataan Tanggung Jawab Belanja mengikuti ketentuan sebagai berikut:

  1. Format Surat Pernyataan Tanggung Jawab Belanja di-otomasi-kan melalui Simlitabmas.
  2. Peneliti mengisi data untuk pembuatan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Belanja di Simlitabmas melalui menu Tanggungjawab Belanja.
  3. Surat Pernyataan Tanggung Jawab Belanja diunduh dan dicetak dari Simlitabmas, ditandatangani di atas Materai Rp. 6.000,- kemudian dipindai (scan) dan dikonversi ke format PDF, dan selanjutnya diunggah ke Simlitabmas.
  4. Surat Pernyataan Tanggung Jawab Belanja asli diadministrasikan dan disimpan oleh LP/LPPM/UPPM, Peneliti menyimpan foto kopinya.
  5. Semua Bukti Pengeluaran Anggaran Penelitian asli disimpan dan diadministrasikan oleh LP/LPPM/UPPM, Peneliti menyimpan foto kopinya.
  6. Untuk PTS, foto kopi Surat Pernyataan Tanggung Jawab Belanja dan Bukti Pengeluaran Anggaran Penelitian yang dilegalisir oleh Ketua LP/LPPM disampaikan kepada Koordinator Kopertis untuk diadministrasikan dan disimpan sebagai arsip.
  7. Pengunggahan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Belanja paling lambat tanggal 15 Desember 2017.

Informasi selengkapanya dapat diunduh pada link berikut ini.

Surat Pernyataan Tanggung Jawab Belanja (SPTB)