Berdasarkan surat Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kemenristekdikti Nomor: 126/E5.2/SE/2018   tanggal 22 Januari 2018 tentang Workshop Asistensi Tata Kelola Jurnal Berpotensi Terakreditasi, disampaikan bahwa dalam rangka meningkatkan jumlah jurnal terakreditasi nasional, Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kemenristekdikti akan mengadakan Workshop Asistensi Tata Kelola Jurnal Berpotensi Terakreditasi. Workshop ini akan dilaksanakan sebanyak empat kegiatan.

Selama workshop, peserta akan diberikan materi terkait persiapan akreditasi jurnal dan diwajibkan mempresentasikan kesiapan akreditasi jurnal menuju terakreditasi. Peserta yang akan mengikuti setiap kegiatan adalah 50 jurnal (masing-masing jurnal diwakili editor yang paham penerbitan elektronik). Jurnal-jurnal yang memenuhi persyaratan untuk mengikut kegiatan workshop akan dilakukan seleksi. Adapaun persyaratan-persyaratan peserta jurnal sebagai berikut:

  1. Peserta telah menerbitkan jurnal secara elektronik dan memiliki e-ISSN,
  2. Jurnal telah menerbitkan artikel minimal 4 nomor terbitan terakhir secara teratur,
  3. Berencana akan mendaftarkan akreditasi jurnal nasional di tahun 2018, dan
  4. Telah terindeks di SINTA pada tingkatan S3 atau S4, atau jurnal baru mendaftarkan di ARJUNA namun telah melakukan evaluasi diri dengan nilai minimal 50, atau jurnal yang gagal pada periode akreditasi 2017 namun sudah memiliki jumlah skor 60-69.

Peserta akan diseleksi oleh Tim yang ditetapkan Kemenristekdikti. Untuk kepentingan seleksi, Peserta diminta mengisi borang pendaftaran melalui laman https://goo.gl/cAVZ3W. Batas akhir pendaftaran pada tanggal 12 Februari 2018, bagi peserta yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti workshop akan diundang secara resmi oleh pihak Kemenristekdikti. Panitia hanya menanggung biaya akomodasi dan konsumsi selama kegiatan berlangsung, sedangkan biaya perjalanan ditanggung oleh Peserta.

Untuk lebih jelasnya informasi mengenai kegiatan dimaksud dapat diunduh pada link berikut ini.

Download:

Workshop Asistensi Tata Kelola Jurnal Berpotensi Terakreditasi