Pelaksanaan Workshop Open Journal System (OJS) yang diselenggarakan hari Sabtu, 11 Maret 2017 di ruang rapat rektorat Universitas Hamzanwadi berjalan dengan sukses. Workshop ini diinisiasi oleh Pusat Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Publikasi (P3MP) Universitas Hamzanwadi. Hadir sebagai peserta pada kegiatan ini adalah pengelola jurnal program studi di lingkungan Universitas Hamzanwadi.

Dr. H. Khirjan Nahdi, M.Hum. dalam sambutannya menyampaikan bahwa keberadaan P3MP sebagai jembatan bagi civitas akademika dalam mengembangkan kualitas penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan publikasi yang dilakukan oleh dosen. Apalagi tantangan yang dihadapi oleh dosen sekarang semakin kompleks, sehingga perlu pengkajian setiap masalah dengan metodologi yang benar agar tidak terjadi kesalahan dalam pengambilan kesimpulan serta harus dipublikasikan melalui media yang kredibel, ungkapnya. Beliau juga menyampaikan bahwa kluster penelitian Universitas Hamzanwadi sudah pada level Madya, sehingga ke depan kluster tersebut lebih baik dari sekarang. Di akhir sambutannya beliau berharap agar pelaksanaan workshop berjalan dengan sukses dan jurnal-jurnal prodi bisa publish sesuai dengan jadwal masing-masing dan apda saatnya nanti bisa diajukan untuk akreditasi jurnal.

Workshop ini dilaksanakan melalui praktek langsung sehingga peserta langsung bekerja melalui OJS. Pemateri pada workshop ini adalah Shahibul Ahyan, M.Pd. dan Abdul Rasyad, M.Pd. Adapun beberapa materi yang disampaikan adalah:

  1. Indikator Penilaian Jurnal menuju Akreditasi
  2. Pengenalan OJS
  3. Pengaturan OJS
  4. Membuat dan memanage akun penulis, editor, dan reviewer.
  5. Membuat Editorial Team dan Mitra Bebestari
  6. Submit artikel melalui OJS
  7. Proses penyuntingan artikel melalui OJS
  8. Proses review artikel melalui OJS
  9. Mempublikasikan artikel
  10. Membuat Menu Baru pada OJS
  11. Proses Indeksasi Jurnal
  12. Pendaftaran Jurnal di ARJUNA

Sebagai follow up kegiatan ini, P3MP bersama pengelola jurnal program studi menyepakati untuk melaksanakan klinik Pengelolaan OJS tiap hari Sabtu.

Workshop OJS 1