Menulis artikel ilmiah menggunaan referensi yang sudah diakui oleh dunia internasional merupakan suatu hal penting yang harus dipertimbangkan oleh penulis atau peneliti, salah satunya yaitu menjadikan artikel yang dimuat pada jurnal internasional terindeks sebagai referensi utama. Namun, tidak sedikit penulis atau peneliti merasa kesulitan untuk mengakses jurnal tersebut secara gratis. Untuk diketahui bahwa artikel yang dimuat pada jurnal internasional terindeks ada yang bisa didownload gratis dan ada juga yang berbayar. Bagi seorang penulis maupun peneliti, mendapatkan artikel pada jurnal internasional terindeks secara gratis merupakan suatu kebahagiaan. Berikut ini beberapa penerbit/link ada yang memuat artikel yang bisa didapatkan secara gratis:

  1. Science Direct (Elsevier)
  2. Springer – Verlag
  3. Taylor and Francis
  4. John Wiley and Sons
  5. Sage Publication
  6. Library Genesis

Jika ada artikel yang Bapak/Ibu minati namun tidak dapat diakses secara gratis (berbayar), maka ada beberapa tips yang bisa dilakukan menurut Ade Gafar (2017):

  1. Kirim email langsung penulisnya;
  2. Buat account Research Gate, untuk mempermudah komunikasi dengan peneliti sebidang;
  3. Minta melalui kolega yang sedang sekolah di Luar Negeri;
  4. Gunakan social media, misalnya facebook;
  5. Jika berkunjung ke Perguruan Tinggi di Luar Negeri sempatkan berkunjung seharian di perpustakaannya dan minta akses digital library-nya (jika memungkinkan);
  6. dan lain-lain.