Universitas Hamzanwadi memiliki riset unggulan  universitas  yang bersifat   multidisiplin  ilmu. Pelaksanaan pengabdian dalam fokus  riset  unggulan universitas tersebut didukung oleh peneliti/staf pengajar dari 4 (empat) fakultas yang ada di Universitas Hamzanwadi yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Tehnik, Fakultas Kesehatan, dan Fakultas MIPA. Penetapan Rencana Strategis Pengabdian Kepada Masyarakat   Universitas Hamzanwadi bertujuan:

  1. Merancang program pengabdian kepada masyarakat yang terencana,  meliputi aspek  kegiatan, pendanaan, dan jadual pelaksanaan.
  2. Penyebarluasan hasil-hasil pengabdian di masyarakat melalui inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  3. Pendampingan masyarakat guna memberdayakan masyarakat secara optimal dan mengubah perilaku masyarakat konsumtif menuju masyarakat produktif.
  4. Pelayanan jasa dan konsultasi yang saling menguntungkan pada masyarakat, lembaga pemerintahan dan swasta, serta swadaya masyarakat dalam skala lokal, nasional, regional, dan internasional.
  5. Melibatkan mahasiswa secara aktif dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui Magang dan KKN sebagai salah satu persyaratan akademik.

Untuk mendukung tercapainya visi, misi dan tujuan P3MP di Universitas Hamzanwadi, pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat  mengacu pada hasil analisis kondisi saat ini dan SWOT; maka secara garis besar kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Universitas Hamzanwadi ditargetkan untuk mencapai sasaran-sasaran berikut:

  1. Terwujudnya kegiatan-kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang mampu memberikan pelayanan dalam bidang pendidikan, pendampingan serta konsultasi kepada masyarakat.
  2. Meningkatnya aktivitas dan kualitas pengabdian kepada masyarakat  yang berbasis inovasi dan hasil-hasil riset secara melembaga.
  3. Terwujudnya kegiatan-kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang mampu membangun minat dan kemandirian masyarakat dalam bidang ilmupengetahuan dan teknologi.
  4. Terbentuknya citra Universitas Hamzanwadi yang menunjukkan kepeloporan dan keunggulan dalam bidang pendidikan, kesehatan dan teknologi serta wawasan kebangsa
  5. Meningkatnya jumlah kegiatan PKM dan partisipasi dosen yang terlibat dalam kegiatan PKM.
  6. Meningkatnya jumlah dana yang diserap untuk kegiatan PKM, baik dari sumber dana internal universitas maupun eksternal, baik di dalam negeri, maupun dari sumber dana di luar negeri.